JENDELA HATI

Sesekali, cobalah melihat ke dalam hati kita sendiri. Agar kita mampu menilai diri, tak sekedar menjadi orang yang nyinyir tentang hidup orang lain. Atau cobalah berkaca tentang segala yang telah kita lakukan, bukan hanya bisa menyalahkan apa yang dilakukan orang.

Sesekali, cobalah memahami apa yang orang lain rasakan. Agar kita mengerti bagaimana rasanya disudutkan. Atau cobalah memposisikan diri kita sebagai orang lain, bukan sekedar berkata “harusnya kamu begini, harusnya kamu begitu” atau “apa susahnya sih melakukan ini, apa susahnya sih melakukan itu”.

Setiap orang punya kemampuan yang berbeda dalam menghadapi suatu permasalahan. Ada yang dengan mudah mencari jalan pemecahannya, ada juga yang berlarut-berlarut tenggelam dalam permasalahannya. Kita tidak bisa menghakimi orang lain karena kita tidak pernah benar-benar tahu apa yang sedang dialami oleh orang tersebut.

Yang kita anggap benar, belum tentu benar di mata orang lain. Begitupun sebaliknya. Alangkah baiknya jika kita bisa saling menghargai pendapat, pikiran dan perasaan orang lain. Atau kalau memang diperlukan, bicara saja secara baik-baik tanpa emosi apalagi dilandasi rasa benci.

Apapun alasannya, kita bukanlah wasit pertandingan olahraga, juga bukan juri ajang pencarian bakat. Kita hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. Kita juga tidak sempurna. Sehebat apapun kita, pasti ada celah dalam kehidupan kita yang pernah atau bahkan sedang melakukan kesalahan.

Belajar sabar untuk menerima kekurangan orang lain. Belajar ikhlas untuk menerima kelebihan orang lain. Karena hidup itu sederhana saja… berbuat baik semampu kita, berbahagia dan bersyukur atas segala yang telah Tuhan berikan untuk kita.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s