BERBICARA DENGAN HATI

Bisa bersenda gurau dengan orang-orang di sekeliling kita pasti akan sangat menyenangkan. Canda dan tawa bisa menimbulkan rasa kebersamaan, bahkan keakraban. Tapi kita juga kadang lupa, bahwa tidak semua hal yang kita anggap lucu itu dianggap lucu juga oleh orang lain. Bukan tidak mungkin, saat kita tertawa ada orang lain yang tersinggung atau bahkan sakit hati.

Kalau kondisi seperti itu terjadi, sudah seharusnya kita peka dan menghentikan gurauan kita. Sayangnya, tidak semua orang bisa peka. Dan yang lebih parah lagi, kalau kita tahu bahwa gurauan kita menyinggung perasaan orang lain tapi kita malah menganggap orang itu “gak asyik” atau “gak bisa diajak bercanda”.

Bercanda itu ada batasnya. Sedekat apapun kita , tetap saja kita harus memperhatikan batas-batas bercanda yang wajar.

Tidak merendahkan/menjatuhkan harga diri orang lain adalah salah satu contoh batas bercanda. Bukan bercanda lagi namanya kalau kita sampai kita merendahkan/menjatuhkan harga diri orang lain. Tidak ada seorangpun di dunia ini yang berhak merendahkan/menjatuhkan harga diri orang lain. Kita juga pasti tidak mau kalau harga diri kita di rendahkan/dijatuhkan oleh orang lain bukan ?

Tetap menghormati orang yang lebih tua adalah contoh lain dari batas bercanda. Seakrab/sedekat apapun kita dengan teman yang usianya di atas kita, kita tetap harus menghargai mereka. Bayangkan saja bagaimana seandainya orangtua kita yang dijadikan bahan bercanda, pasti kita juga akan merasa tersinggung.

Soal materi pun cukup sensitif untuk dijadikan bahan bercanda. Tidak ada gunanya juga bercanda soal materi, toh kita berteman juga bukan atas dasar materi.

Sederhananya… Posisi kan saja diri kita sebagai pihak yang dijadikan obyek bercanda. Maka kita pasti akan berpikir dulu sebelum menjadikan orang lain sebagai obyek bercanda yang menyakitkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s