ONE DAY AT TAMANSARI ZOO BANDUNG

Setelah sekian puluh tahun tidak pernah mengunjungi tempat ini, akhirnya tangal 8 September kemarin saya mengunjungi Kebun Binatang Tamansari (KBT) di kota tempat saya dibesarkan, Bandung. Ada perasaan riang seperti waktu masih kecil dulu begitu saya tiba di depan pintu gerbang KBT.

 Setelah membeli 2 buah tiket masuk untuk saya dan Selly, adik sepupu saya, kami berdua masuk ke dalam. Kebetulan waktu itu belum terlalu siang, jadi belum terlalu banyak pengunjung yang datang. Beberapa puluh meter dari pintu gerbang, spontan saya mengedarkan pandangan ke sekeliling saya. Dan senyum saya mengembang waktu melihat suasana di sekeliling saya relatif bersih dari sampah-sampah yang bertebaran.

Ada beberapa hal menarik yang saya temui di tempat ini :

1.  Kondisi kandang secara umum cukup bersih dan rapi, meskipun ada beberapa kandang yang kurang terawat entah dengan alasan apa.

2.  Ketersediaan makanan untuk beberapa hewan cukup, hanya saya masih melihat beberapa kandang yang tidak tersedia makanan (mungkin saya yang kurang teliti mencarinya).

3.  Di kandang rusa saya melihat belasan rusa berkumpul/beristirahat berdesak-desakan di bawah satu atap. Apa memang demikian cara mereka berkumpul, saya kurang begitu tahu.

4.  Di kandang buaya, menurut saya mungkin areanya kurang luas untuk dihuni oleh belasan buaya dewasa.

5.  Yang paling terawat rapi sepertinya adalah kandang untuk jenis hewan unggas, dimana area kandang cukup luas dan asri dengan pepohonan yang rimbun dan hijau.

6.  Beberapa reptil yang ditempatkan di kandang kaca tampak sedang berganti kulit. Entah kenapa saya selalu suka melihat warna baru kulit ular yang selalu lebih indah dari warna sebelumnya (menurut saya). Seandainya mereka hidup di alam bebas…..

Di salah satu sudut KBT saya melihat seorang bapak dan anak gadisnya yang sudah lumayan dewasa akan berfoto dengan seekor merak. Diam-diam saya memperhatikan mereka. Dan saya cukup kaget waktu petugas KBT (bapak berbaju hijau) mengangkat ekor merak ke atas, seperti memaksanya untuk mekar sebelum foto diambil. What the hell are they doing ? Yang membuat saya kesal, si petugas itu malah tersenyum-senyum dan menawari saya untuk berfoto juga. Hih !

Melanjutkan perjalanan , saya sampai di kandang gajah. Tadinya saya tidak memperhatikan, karena sedang terfokus pada atraksi unta. Tapi untungnya Selly mencolek bahu saya dan menunjuk ke kandang gajah yang ada di belakang saya.  Saya sempat terdiam beberapa saat dengan pikiran kosong. Di depan saya, seekor gajah yang lumayan tua dengan gading separuh patah, di kandang terbuka yang kotor dan terawat dengan kaki dirantai ??  Gajah itu terus bergerak ktidak mau diam dan matanya……… ah, silakan lihat saja sendiri.

Kembali ke atraksi unta yang sempat saya lihat sesaat sebelum menengok gajah di dalam kandang tadi. Tadinya saya tersenyum-senyum saja melihat beberapa orang anak naik ke atas punggung unta ditemani seorang petugas KBT. Tapi beberapa saat kemudian, saya melihat sesuatu yang janggal dengan atraksi ini. Samar-samar saya melihat si petugas memegang sebuah besi kecil berujung runcing yang digunakan untuk memukul unta agar mau berjalan membawa penumpangnya mengitari arena. Penasaran, saya mendekat, naik ke atas tembok dan mulai mengambil beberapa foto. Sepertinya si petugas menyadari apa yang saya lakukan, hingga ia sempat menyembunyikan besi itu dibalik kain yang ada di punggung unta. Saya tidak tahu harus berkomentar apa, tapi buat saya.. itu kejam.

Tak tahan melihat beberapa kejadian itu, akhirnya saya memaksa Selly untuk pulang. Oh ya, ada satu hal yang cukup mengherankan.. saya tidak menemukan seekor harimau/singa pun di KBT. Yang ada hanya kandang-kandang kosong, entah dimana mereka. 

Kunjungan saya ke KBT kali ini begitu menyenangkan pada awalnya, tapi harus diakhiri dengan rasa miris berkepanjangan yang saya bawa sampai saya kembali ke Jakarta.

Leave a Reply

