25 DESEMBER 2012

Beberapa hari belakangan ini, linimasa twitter heboh dengan pro-kontra tentang ucapan selamat Natal dari orang muslim kepada orang Nasrani. Saya sendiri tidak mau ambil pusing dengan segala perdebatan itu.Dengan kondisi tinggal satu rumah dengan mama yang Katolik, saya sudah terbiasa untuk menjadi sangat toleran dengan perbedaan keyakinan kami.

Di samping itu, keluarga besar mamapun banyak yang berbeda keyakinan. Dan kami tidak pernah mempersoalkan perbedaan itu. Bagi kami, keutuhan keluarga lebih penting. Soal keyakinan, itu adalah masalah personal masing-masing.

Seandainya saja semua orang di negara ini bisa bersikap toleran, mungkin tidak akan pernah ada konflik-konflik atas nama agama atau suku yang seringkali menimbulkan korban jiwa. Menyedihkan sekali kalau ada nyawa yang harus melayang dengan mengatas namakan agama atau yang lainnya.

Bukankah Tuhan menciptakan setiap manusia dengan kedudukan yang sama ? Lalu kenapa harus ada golongan tertentu yang merasa “lebih” dari golongan yang lainnya… merasa lebih baik, lebih benar, lebih terhormat dsb ?

Damai itu menciptakan kebahagiaan, jadi berdamailah dengan diri kita sendiri dan berbagi kebahagiaanlah dengan orang lain. Selamat Natal untuk teman dan sahabat yang merayakan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s