DONOR DARAH

Hari ini jadwal donor darah. Dengan semangat ’45 gue meluncur ke PMI Pusat di Jln. Kramat Raya. Sayangnya semangat yang menyala-nyala tadi langsung melempem begitu harus berhadapan dengan macet selama 2 jam Cijantung-Senen.

Singkat cerita akhirnya sampai juga gue di TKP. Begitu turun dari taxi langsung ternganga lihat spanduk segede gaban yang bertuliskan “Pendonor Sukarela Adalah Pahlawan Kemanusiaan”. Tiba-tiba aja gue jadi merinding… kok kayaknya berat banget itu sebutan “pahlawan kemanusiaan”.

Masuk ke lobby, isi formulir… terus tunggu giliran dipanggil untuk cek HB dan tekanan darah. Gue dapet nomor antrian 141, sementara untuk antrian donornya baru sampai 106… alhasil gue harus nunggu lumayan lama.

Setelah nunggu nyaris 45 menit akhirnya gue pun dipanggil. Kebagian tempat tidur dengan posisi penusukan di tangan kanan bikin gue agak drop karena pengalaman yang udah-udah kalau di tangan kanan suka macet. Tapi ya sutra laaahhhh… siapa tau kali ini sukses.

“Tipis banget ya bu,” kata si mbak petugas sambil melototin and ngeraba-raba pembuluh darah gue. Cusssss… akhirnya ditusuk juga jarumnya. Lima menit pertama lancaaarrrr, tiba-tiba gue liat si mbak petugas agak-agak bengong ngeliat kantong darah gue. Otomatis gue ikutan nengok ke bawah…. Oalaaaahhhh… mandeg !!! Si mbak petugas coba benerin posisi jarum, darahpun mengalir lagi..

Belum sampai lima menit, si mbak petugas benerin posisi jarum lagi. Hadeeeuuuhhh… gue langsung minta pindah tangan, tapi si mbak petugas keukeuh mau coba yang kanan dulu. Akhirnya aliran darah bener-bener stop dan dipindahin juga ke tangan kiri.

Huffff… sebenarnya ini bukan pertama kali gue ngalamin donor darah ditusuk kiri kanan, tapi mbok kalau gue minta dipindah itu ya cepat dikerjain gitu lho mbak’e., kan gue yang ngerasain nyut nyut di tusukannya itu… Jangan nunggu pembuluh darahku bengkak and jadi biru-biru kulitnya. Okeeeeee !!!!!

Yaaa… terlepas dari pengalaman ini, gue sih tetep aja cinta donor darah. Bukan karena sebutan “pahlawan kemanusiaan” itu, tapi karena sudah terbiasa dan jadi gak nyaman kalau sudah jadwalnya donor terus gak donor. Buat rekan-rekan yang belum pernah donor darah…. coba yuuukkk !!!! Gak ada ruginya kok (˘⌣˘)ε˘`)

Leave a Reply

