BELAJAR DARI KOMIK

Belajar itu bisa dilakukan dimanapun dan didapatkan dari siapapun atau dengan media apapun. Dari salah satu cerita di Donal Bebek Edisi 1610, ada satu pelajaran berharga yang aku dapat.

Di cerita itu, Pokijan, tidak terlalu disukai oleh tetangga-tetangganya karena perilakunya yang kurang baik. Dia suka mengejek dan berkata tidak sopan pada tetangga-tetangganya itu, sehingga mereka merasa jengkel pada Pokijan.

Suatu hari Pokijan pergi berlibur selama beberapa hari. Ketika dia kembali, dilihatnya taman rumahnya sangat berantakan dengan tanaman berserakan dan lubang galian disana-sini.

Pokijan curiga bahwa para.tetangganya bekerjasama untuk merusak taman rumahnya. Malam harinya waktu para tetangganya sudah tidur lelap, Pokijan mulai menjalankan aksi pembalasan dengan merusak satu demi taman tetangganya.

Hampir semalam suntuk Pokijan melakukan hal itu sampai akhirnya selesai menjelang fajar. Ketika sampai di rumah, ia melihat sesuatu di tengah taman rumahnya. Sebuah pancuran air indah terbungkus kertas kado emas dengan pita merah dan sebuah kartu ucapan di atasnya.
Pokijan membaca kartu itu…….
Pak Pokijan, kami harap hadiah dari kami akan membuat anda lebih betah di sini. Kami memasangnya sementara kamu pergi. Semoga ini jadi awal yang baik, tetanggamu.

Ternyata para tetangga bukan merusak taman Pokijan, tetapi menggali saluran air untuk pancuran air. Pokijan menyesal sekali, tapi dia sudah terlanjur merusak taman semua tetangganya. Akhirnya, karena malu Pokijan pergi dan pindah diam-diam saat itu juga.

Dari cerita ini, aku jadi lebih menyadari bahwa sebaiknya kita tidak berprasangka buruk terhadap orang-orang di sekeliling kita. Apa yang kita lihat buruk bisa saja baik, begitu juga sebaliknya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s